Virtual Reality
Virtual reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang
melakukan simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang
mampu membangkitkan suasana tiga dimensi (3-D) sehingga membuat pemakai
seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk
peramu obat, arsitek, pekerja medis, dan bahkan orang awam untuk melakukan
aktivitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat
menggunakan sistem virtual
reality untuk melakukan
simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.
Virtual reality juga digambarkan dalam film seperti Congo.
Pada film tersebut, Ami (sang Gorila) menggunakan bahasa tanda dan sarung
tangan (glove)virtual reality untuk berkomunikasi dengan manusia.
Peranti Virtual
Reality
Untuk mewujudkan
suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual
reality menggunakan
peralatan-peralatan yang dinamakan glove,
headset, dan walker.Glove adalah peranti masukan yang dapat
menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan ke sistem virtual reality. Headset adalah peranti yang berfungsi untuk
memonitor gerakan kepala. Selain itu, peranti inilah yang memberikan pandangan
lingkungan yang semu kepada pemakai sehingga seolah-olah pemakai melihat dunia
nyata. Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki.
Peralatan ini dapat digunakan untuk mengatur kaki pemakai agar merasakan beban
seperti kalau melangkah dalam dunia nyata. Sebagai contoh, kaki akan terasa
berat untuk melangkah ketika pemakai sedang menghadapi dunia semu berupa rawa
atau medan berlumpur.
Cara Kerja Virtual
Reality
Cara kerja sistem virtual reality pada prinsipnya adalah seperti
berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar
yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat
mendengar suara yang realistis. Melalui headset,
glove dan walker, semua gerakan pemakai
dipantau oleh sistem dan sistem memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai
seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik
maupun secara psikologis.
Referensi:
0 komentar:
Posting Komentar